Refleksi Pertemuan 10
Mata Kuliah : Teknologi Dan Media Pembelajaran Matematika
Media Komputer (PPT Materi Peluang)
Oleh Kelompok 4 (Saiful Bahri, Faisyah Rahayu Rustam, Indriani Isma)
Mata Kuliah : Teknologi Dan Media Pembelajaran Matematika
Media Komputer (PPT Materi Peluang)
Oleh Kelompok 4 (Saiful Bahri, Faisyah Rahayu Rustam, Indriani Isma)
Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokaatuh
Kembali lagi di postingan aku yah teman-teman......
Nah, kali ini saya akan mereview kembali pembahasan mengenai SEGI EMPAT dengan menggunakan Media Komputer yaitu slide PPT yang telah dipaparkan oleh Kelompok 4.
Desain power point harus menarik yah teman-teman, seperti PPT karya kelompok 4 yang bisa menyesuaikan warna kesukaan siswa SMP. Selain PPT yang menarik, seorang pendidik juga harus menguasai materi sebab jika slidenya sudah menarik, lantas pendidik tidak menguasai materi, maka siswa akan merasa bosan dengan pembelajaran. Olehnya itu, pendidik harus mampu berkreasi dan dapat memaparkan materi dengan baik.
Nah, kali ini saya akan mereview kembali pembahasan mengenai SEGI EMPAT dengan menggunakan Media Komputer yaitu slide PPT yang telah dipaparkan oleh Kelompok 4.
Desain power point harus menarik yah teman-teman, seperti PPT karya kelompok 4 yang bisa menyesuaikan warna kesukaan siswa SMP. Selain PPT yang menarik, seorang pendidik juga harus menguasai materi sebab jika slidenya sudah menarik, lantas pendidik tidak menguasai materi, maka siswa akan merasa bosan dengan pembelajaran. Olehnya itu, pendidik harus mampu berkreasi dan dapat memaparkan materi dengan baik.
Selanjutnya, yuk simak materi dibawah ini !!!!!
Segiempat adalah suatu segi banyak (polygon) yang memiliki empat sisi dan empat sudut. Jenis- jenis segi empat, yaitu :
1. Persegi
Persegi adalah bangun datar dua dimensi yang dibentuk oleh empat sisi sama panjang dan memiliki empat sudut siku-siku. Persegi memiliki sifat-sifat sebagai berikut:
¤ Memiliki empat ruas garis: AB, DC, AD dan BC. Keempat ruas garis itu sama panjang.
¤ Setiap ruas garis berhadapan selalu sejajar
¤ Memiliki empat buah sudut sama besar (90°)
¤ Panjang diagonalnya sama dan saling membagi dua sama panjang
2. Persegi Panjang
Persegi panjang memiliki sifat-sifat sebagai berikut.
¤ Memiliki 4 ruas garis: AB, DC, AD, dan BC
¤ Sisi yang berhadapan sejajar dan sama panjang.
¤ Memiliki dua macam ukuran panjang dan lebar
¤ Memiliki empat buah sudut sama besar (90*)
¤ Diagonalnya ada dua yang sama panjang dan kedua diagonalnya berpotongan saling membagi dan sama panjang
3. Trapesium
Sifat-sifat trapesium.
¤ Mempunyai sepasang sisi yang sejajar
¤ Jumlah dua sudut yang berdekatan merupakan sudut pelurus
4. Layang-layang
Sifat-sifat layang-layang:
¤ Memiliki sisi sepasang sama panjang
¤ Memiliki dua macam ukuran diagonal. Diagonal saling tegak lurus (membentuk sudut siku-siku) dan saling membagi dua sama panjang
¤ Sepasang sudut sama besar
5. Belah ketupat
Bangun belah ketupat memiliki sifat-sifat sebagai berikut.
¤ Semua sisi sama panjang
¤ Diagonalnya berpotongan tegak lurus
¤ Setiap sudut dibagi dua oleh diagonalnya
6. Jajar Genjang
Bangun jajar genjang memiliki sifat-sifat sebagai berikut.
¤ Sisi yang berhadapan sama panjang dan sejajar
¤ Dua sudut berhadapan selalu sama besar, dua buah sudut lancip dan dua buah sudut tumpul
¤ Diagonalnya ada dua yang sama panjang dan kedua diagonal berpotongan saling membagi dua sama panjang
Adapun aspek penilaian ada 3 yaitu :
♡ Kekompakan
♡ Penguasaan Materi
♡ Cara penyampaian
Adapun penilaian saya terhadap simulasi kelompok 3 yaitu:
1. Kurang persiapan, baik dalam hal materi maupun peralatan
2. Kurang dalam mengontrol siswa
3. Kurang kompak, karena seakan materi hanya dikuasai oleh satu pemateri saja
Saran :
1. Tetap jaga kekompakan dalam presentase
2. Persiapkan media yang akan digunakan agar pembelajaran dapat dilaksanakan tepat waktu.
1. Persegi
Persegi adalah bangun datar dua dimensi yang dibentuk oleh empat sisi sama panjang dan memiliki empat sudut siku-siku. Persegi memiliki sifat-sifat sebagai berikut:
¤ Memiliki empat ruas garis: AB, DC, AD dan BC. Keempat ruas garis itu sama panjang.
¤ Setiap ruas garis berhadapan selalu sejajar
¤ Memiliki empat buah sudut sama besar (90°)
¤ Panjang diagonalnya sama dan saling membagi dua sama panjang
2. Persegi Panjang
Persegi panjang memiliki sifat-sifat sebagai berikut.
¤ Memiliki 4 ruas garis: AB, DC, AD, dan BC
¤ Sisi yang berhadapan sejajar dan sama panjang.
¤ Memiliki dua macam ukuran panjang dan lebar
¤ Memiliki empat buah sudut sama besar (90*)
¤ Diagonalnya ada dua yang sama panjang dan kedua diagonalnya berpotongan saling membagi dan sama panjang
3. Trapesium
Sifat-sifat trapesium.
¤ Mempunyai sepasang sisi yang sejajar
¤ Jumlah dua sudut yang berdekatan merupakan sudut pelurus
4. Layang-layang
Sifat-sifat layang-layang:
¤ Memiliki sisi sepasang sama panjang
¤ Memiliki dua macam ukuran diagonal. Diagonal saling tegak lurus (membentuk sudut siku-siku) dan saling membagi dua sama panjang
¤ Sepasang sudut sama besar
5. Belah ketupat
Bangun belah ketupat memiliki sifat-sifat sebagai berikut.
¤ Semua sisi sama panjang
¤ Diagonalnya berpotongan tegak lurus
¤ Setiap sudut dibagi dua oleh diagonalnya
6. Jajar Genjang
Bangun jajar genjang memiliki sifat-sifat sebagai berikut.
¤ Sisi yang berhadapan sama panjang dan sejajar
¤ Dua sudut berhadapan selalu sama besar, dua buah sudut lancip dan dua buah sudut tumpul
¤ Diagonalnya ada dua yang sama panjang dan kedua diagonal berpotongan saling membagi dua sama panjang
Adapun aspek penilaian ada 3 yaitu :
♡ Kekompakan
♡ Penguasaan Materi
♡ Cara penyampaian
Adapun penilaian saya terhadap simulasi kelompok 3 yaitu:
1. Kurang persiapan, baik dalam hal materi maupun peralatan
2. Kurang dalam mengontrol siswa
3. Kurang kompak, karena seakan materi hanya dikuasai oleh satu pemateri saja
Saran :
1. Tetap jaga kekompakan dalam presentase
2. Persiapkan media yang akan digunakan agar pembelajaran dapat dilaksanakan tepat waktu.
Semoga Bermanfaat......
Wassalamu'alaikum Warohmatullah Wabarokaatuh.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar