Refleksi Pertemuan 8
Mata Kuliah : Teknologi Dan Media Pembelajaran Matematika
Alat Peraga SMP (Papan Puzzle dan Roda Persamaan Kuadrat)
Oleh Kelompok 2 (Fajar, Andi Auliya Ismunandar, Nurlili)
Mata Kuliah : Teknologi Dan Media Pembelajaran Matematika
Alat Peraga SMP (Papan Puzzle dan Roda Persamaan Kuadrat)
Oleh Kelompok 2 (Fajar, Andi Auliya Ismunandar, Nurlili)
Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokaatuh
Kembali lagi di postingan aku yah teman-teman......
Nah, kali ini saya akan mereview kembali pembahasan mengenai PERSAMAAN KUADRAT dengan menggunakan Papan Puzzle dan Roda Persamaan Kuadrat yang merupakan hasil kreativitas dari anggota Kelompok 2.
Papan Puzzle dan Roda Persamaan Kuadrat ini merupakan media yang berfungsi untuk memudahkan kita dalam mencari akar-akar dari suatu persamaan kuadrat yang digunakan pada jenjang SMP/ Sederajat khususnya kelas VIII. Selain itu, media ini juga mudah dalam pembuatannya, bahannya pun murah dan mudah kita dapatkan di lingkungan sekitar kita.
1. Papan puzzle persamaan kuadrat adalah sebuah alat peraga yang dibuat untuk mempermudah dan memfokuskan siswa dalam pembelajaran. Dalam pengaplikasian media ini, ada 3 hal yang harus digunakan, yaitu : papan persegi ukuran besar, papan berukuran sedang dan papan berukuran kecil sebagai konstanta. Sedangkan warna biru bernilai positif dan warna coklat bernilai negatif.
2. Roda persamaan kuadrat adalah sebuah alat peraga yang dibuat untuk melatih cara berpikir siswa, sehingga mudah dipahami dan akan lebih lama tersimpan pada memory.
Nah, kemudian teman-teman bisa simak materi dibawah ini.....
Persamaan kuadrat adalah suatu persamaan dari variabel yang mempunyai pangkat tertinggi dua. Bentuk umumnya adalah :
ax2 + bx + c = 0
keterangan :
a,b merupakan koefisien
c adalah konstanta,
serta a tidak sama dengan 0.
Nah, kali ini saya akan mereview kembali pembahasan mengenai PERSAMAAN KUADRAT dengan menggunakan Papan Puzzle dan Roda Persamaan Kuadrat yang merupakan hasil kreativitas dari anggota Kelompok 2.
Papan Puzzle dan Roda Persamaan Kuadrat ini merupakan media yang berfungsi untuk memudahkan kita dalam mencari akar-akar dari suatu persamaan kuadrat yang digunakan pada jenjang SMP/ Sederajat khususnya kelas VIII. Selain itu, media ini juga mudah dalam pembuatannya, bahannya pun murah dan mudah kita dapatkan di lingkungan sekitar kita.
1. Papan puzzle persamaan kuadrat adalah sebuah alat peraga yang dibuat untuk mempermudah dan memfokuskan siswa dalam pembelajaran. Dalam pengaplikasian media ini, ada 3 hal yang harus digunakan, yaitu : papan persegi ukuran besar, papan berukuran sedang dan papan berukuran kecil sebagai konstanta. Sedangkan warna biru bernilai positif dan warna coklat bernilai negatif.
2. Roda persamaan kuadrat adalah sebuah alat peraga yang dibuat untuk melatih cara berpikir siswa, sehingga mudah dipahami dan akan lebih lama tersimpan pada memory.
Nah, kemudian teman-teman bisa simak materi dibawah ini.....
Persamaan kuadrat adalah suatu persamaan dari variabel yang mempunyai pangkat tertinggi dua. Bentuk umumnya adalah :
ax2 + bx + c = 0
keterangan :
a,b merupakan koefisien
c adalah konstanta,
serta a tidak sama dengan 0.
Penyelesaian atau pemecahan dari sebuah persamaan ini disebut akar-akar persamaan kuadrat. Akar-akar merupakan nilai dari variabel x yang memenuhi persamaan tersebut. Ketika nilai tersebut disubtitusikan ke dalam persamaan akan menghasilkan nilai nol.
Ada 3 metode dalam mencari akar-akar persamaan kuadrat, yaitu :
1. Pemfaktoran
Metode ini mudah digunakan jika akar-akarnya merupakan bilangan rasional.
2. Melengkapkan kuadrat sempurna
Metode ini akan mudah digunakan jika koefisien a dibuat agar bernilai 1
3. Rumus abc
Metode ini bisa digunakan jika pemfaktoran dan melengkapkan kuadrat sempurna tidak bisa dilakukan.
Ada 3 metode dalam mencari akar-akar persamaan kuadrat, yaitu :
1. Pemfaktoran
Metode ini mudah digunakan jika akar-akarnya merupakan bilangan rasional.
2. Melengkapkan kuadrat sempurna
Metode ini akan mudah digunakan jika koefisien a dibuat agar bernilai 1
3. Rumus abc
Metode ini bisa digunakan jika pemfaktoran dan melengkapkan kuadrat sempurna tidak bisa dilakukan.
Adapun aspek penilaian ada 3 yaitu :
Kekompakan
Penguasaan Materi
Cara penyampaian
Kekompakan
Penguasaan Materi
Cara penyampaian
Adapun penilaian saya terhadap presentase kelompok 2 yaitu:
¤ Penggunaan waktu yang tidak efisien
¤ Adanya kesalahan dalam penggunaan media, sehingga peserta didik bosan dan mengantuk
¤ Cara penggunaan media yang sulit, sehingga membuat peserta didik juga sulit memahami materi yang dipaparkan
¤ Tidak menguasai alat peraga
¤ Medianya juga terlalu kecil, sehingga sulit diamati oleh peserta didik
Saran :
1. Tetap jaga kekompakan dalam presentase
2. Sering-sering lakukan interaksi dengan peserta didik
3. Medianya perlu dimodifikasi dan diperbesar agar lebih mudah memusatkan perhatian peserta didik.
¤ Penggunaan waktu yang tidak efisien
¤ Adanya kesalahan dalam penggunaan media, sehingga peserta didik bosan dan mengantuk
¤ Cara penggunaan media yang sulit, sehingga membuat peserta didik juga sulit memahami materi yang dipaparkan
¤ Tidak menguasai alat peraga
¤ Medianya juga terlalu kecil, sehingga sulit diamati oleh peserta didik
Saran :
1. Tetap jaga kekompakan dalam presentase
2. Sering-sering lakukan interaksi dengan peserta didik
3. Medianya perlu dimodifikasi dan diperbesar agar lebih mudah memusatkan perhatian peserta didik.
Semoga Bermanfaat
Dan tunggu postingan selanjutnya yah teman-teman......
Dan tunggu postingan selanjutnya yah teman-teman......
Wassalamualaikum Warohmatullah Wabarokaatuh
Tidak ada komentar:
Posting Komentar